Manajemen dan Organisasi
Ø
Pengertian dan peranan manajemen:
Manajemen dapat di artikan sebagai ilmu
dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk
mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Para ahli ekonomi umumnya mempunyai
pengertian yang berbeda tantang manajemen, berikut pengertian
Dengan demikian sebenernya manajemen itu
hampir selalu ada pada setiap kegiatan manusia sebab manusia akan selalu
berusaha berkumpul dan bekerja sama.
Ø
Fungsi dan Proses Manajemen:
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen
dasar yang selalu ada dan melekat dalam proses manajemen yang akan dijadiakan
acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi
manajemen dapat dilakukan di perusahaan manapun. Pada fungsi manajemen tersebut
terdapat beberapa pendapat mengenai fungsi manajemen:
Henry Fayol
Fungsi manajemen: planning,
organizing, commanding, coordinating dan controlling
Berikut ini adalah garis besar dari
keseluruhan teori yang telah dijabarkan di atas kita dapoat menyimpulkan tiga
fungsi manajemen yang sangat umum digunakan yaitu perencanaan,
pengorganisasian, dan pengontrolan.
1.
Perencanaan (planning)
Perencanaan adalah kegiatan pertama
seorang manajer dalam rangka melaksanakan fungsi manajemen agar
dapat membuat keputusan yang teratur dan logis sebelumnya harus ada keputusan
terlebih dahulu sebagai petunjuk langkah-langkah selanjutnya. Keputusan itu
mencakup hal-hal berikut:
- Analisis, yaitu perhitungan
bagaimana perkiraan dimasa depan.
- Sasaran, yaitu perincian singkat
dan tugas mengenai sasaran yang ingin dicapai,menetapkan hasil yang
diinginkan.
- Kebijakan, yaitu rumusan cara-cara
kerja yang akan dilaksanakn.
- Program, yaitu urutan
langkah-langkah yang akan dilakukan untuk
mencapai sasaran.
- Skedul waktu, yaitu penetapan
waktu atau jadwal yang harus
dilakukan.
- Anggaran keuangan, yaitu penetapan
sumber-sumber keuangan yang
digunakan untuk melaksanakan proyek yang
direncanakan.
Planning yang efektif harus memenuhi 5 W 1
H:
- What : apa
tujuan yang hendak dicapai
- Why : mengapa
hal tersebut perlu dilakukan.
- Where : dimana
hal tersebut akan dilakukan.
- When : kapan
hal tersebut akan dilakukan
- Who : bagaimana
cara melakukannya
Fungsi perencanaan bermanfaat untuk
hal-hal berikut:
a. Mengimbangi ketidakteraturan dari
perusahaan.
b. Memusatkan perhatian pada
sasaran.
c. Memperoleh pengelolaan yang
ekonomis dan dan efektif
d. Memudahkan pengawasan.
e. Mendorong orang memberikan
prestasi.
2. Organizing
(organisasi)
yaitu pengelompokan kegiatan untuk mencapai tujuan, temasuk dalam hal ini
penetapan susunan organisasi, tugas dan fungsinya.
3.
Pelaksanaan (Actuating)
Actuating atau tahap pelasanaan merupakan
penerapan atau implementasi dari rencana yang telah ditetapkan dan diorganisasikan.Actuating
merupakan langkah-langkah pelaksanaan rencana didalam kondisi nyata yang
mekibatkan segenap anggota organisasi untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan.
Ø
Actuating adalah menggerakkan orang-orang agar mau
bekerja dengan sendirinya atau penuh kesadarab secara bersama-sama untuk
mencapai tujuan yang dikehendaki secara efektif. Dalam hal ini dibutuhkan
kepemimpinan (Leadership).
Ø
Leadership
adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain agar mau bekerja dengan tulus
sehingga pekerjaan berjalan lancar dan tujuan dapat tercapai.
4.
Pengawasan (Controlling)
Pengawasan adalah fungsi manajemen yang
tak kalah pentingnya, karna didalam pengawasan dilakukan koreksi. Pengawasan
diperlukan untuk melihat apakah rencana dilaksanakan sesuai dengan tujuan.
Tujuan pengawasan adalah untuk mencegah atau untuk memperbaiki
kesalahan,penyimpangan, penyelewengan dan kegiatan lainnya yang tidak sesuai
dengan rencana. Didalam pengawasan paling tidak dilakukan tiga proses, yaitu:
Ø
Melakukan pengukuran terhadap hasil kerja yang telah
dicapai.
Ø
Melakukan perbandingan hasil kerja yang telah dicapai
dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya.
Ø
Melakukan koreksi terhadap hasil kerja yang meliputi
pembiayaan dan efesiensi kerja.
Proses Manajemen:
Proses manajemen didefinisikan sebagai
aktivitas-aktivitas:
Ø
Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu
tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh
karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasimetode
untuk mencapai tujuan tersebut.
Ø
Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari
peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus
diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya
untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitasmanajerial
untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai
kebutuhan, disebut kebutuhan.
Ø
Pengambilan Keputusan, proses pemilihan diantara
berbagai alternativedisebut
dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan
antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih diantara beberapa
tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari
beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan
dengan fungsi pengendalian.
Ernest Dale
Fungsi manajeman: Planning, Organizing,
Staffing, Directing, Innovating, Representing dan Controlling.
Ø Planning (perencanaan) yaitu penentuan
serangkaian tindakan dan kegiatan untuk
mencapai hasil yang diharapkan.
Ø
Organizing
(organisasi) yaitu pengelompokan kegiatan untuk mencapai tujuan, temasuk dalam
hal ini penetapan susunan organisasi, tugas dan fungsinya.
Ø
Staffing
atau Assembling Resources (penyusunan personalia) yaitu penyusunan personalia
sejak dari penarikan tenaga kerja baru. latihan dan pengembangan sampai dengan
usaha agar setiap petugas memberi daya guna maksimal pada organisasi.
Ø
Directing
atau Commanding (pengarah atau mengkomando) yaitu usaha memberi bimbingan
saran-saran dan perintah dalam pelaksanaan tugas masing-masing bawahan
(delegasi wewenang) untuk dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan
tujuan yang telah ditetapkan.
Ø
Leading yaitu pekerjaan manajer untuk meminta
orang lain agar bertindak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Ø Pengawasan
(Controlling)
Pengawasan adalah fungsi manajemen yang
tak kalah pentingnya, karna didalam pengawasan dilakukan koreksi. Pengawasan
diperlukan untuk melihat apakah rencana dilaksanakan sesuai dengan tujuan.
Tujuan pengawasan adalah untuk mencegah atau untuk memperbaiki kesalahan,penyimpangan,
penyelewengan dan kegiatan lainnya yang tidak sesuai dengan rencana. Didalam
pengawasan paling tidak dilakukan tiga proses, yaitu:
Ø
Melakukan pengukuran terhadap hasil kerja yang telah
dicapai.
Ø
Melakukan perbandingan hasil kerja yang telah dicapai
dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya.
Ø
Melakukan koreksi terhadap hasil kerja yang meliputi
pembiayaan dan efesiensi kerja.
George R. Terry
Fungsi
manajemen: planning,organizing, actuating, dan controlling.
Ø Planning (perencanaan) yaitu penentuan
serangkaian tindakan dan kegiatan untuk
mencapai hasil yang diharapkan.
Ø
Organizing
(organisasi) yaitu pengelompokan kegiatan untuk mencapai tujuan, temasuk dalam
hal ini penetapan susunan organisasi, tugas dan fungsinya.
Ø
Pengawasan (Controlling)
Pengawasan adalah fungsi manajemen yang
tak kalah pentingnya, karna didalam pengawasan dilakukan koreksi. Pengawasan
diperlukan untuk melihat apakah rencana dilaksanakan sesuai dengan tujuan.
Tujuan pengawasan adalah untuk mencegah atau untuk memperbaiki
kesalahan,penyimpangan, penyelewengan dan kegiatan lainnya yang tidak sesuai
dengan rencana. Didalam pengawasan paling tidak dilakukan tiga proses, yaitu:
Ø
Melakukan pengukuran terhadap hasil kerja yang telah
dicapai.
Ø
Melakukan perbandingan hasil kerja yang telah dicapai
dengan standar yang telah ditetapkan sebelumnya.
Ø
Melakukan koreksi terhadap hasil kerja yang meliputi
pembiayaan dan efesiensi kerja.
Bagan organisasi piramida
Bagan organisasi vertikal
Bagan organisasi
horizontal
Bagan organisasi melingkar
Related Article:
0 komentar:
Posting Komentar