Laman

Selasa, 18 September 2012

Mengatasi MESIN PANAS, SETIR GETAR - di kecepatan tertentu dan SHOCK (terasa) KERAS



Tapi... dari pengalaman pribadi (mungkin beda kasus lho! ), setelah jatuh bangun bertahun2 di berbagai bengkels, gw nemu bbrp solusi yg super efektif & relatif murah ngatasin problem2 yg paling umum di Suzy. Yg penting adalah menemukan akar permasalahannya dgn tepat, bukan menutup problem dgn ganti/tambah peralatan:
  • MESIN PANAS - pas jalan
Radiator udah bersih, pompa air beres, timing pengapian & setelan valve bagus, tapi masih panas. Banyak yg kasih saran pasang electric fan. It's work, tapi cuman nutup problem yg belum ketemu. Ternyata akar permasalahannya bukan di sistem pendingin, tapi di KARBU!!! Gw jg nggak nyangka. Tapi waktu itu, pas liat mekanik nyervis karbu ketemu satu lubang kecil deket venturi yg buntu. (sayang lupa pastinya yg mana, gak bisa nunjukin) Begitu dibikin plong, masalah overheat yg udah 3 tahun gak beres langsung ilang ...plas!!! Biasanya posisi jarum di sekitar tengah2, sekarang rata2 di 1/4~1/3. Kalo dulu pas macet 15 menit aja jarumnya naik sampe bikin was2, sekarang macet berjam2 pol cuma 1/2. Padahal skr electric fan cuman buat AC (cuma muter kalo kompresor on). Sampe sekarang gw jg belum paham kok bisa gitu (perlu pencerahan dr suhu2 di mari). Mungkin karena pas buntu mixturenya nggak bisa pas 'kali ya?
-solusi konvensional: gedein radiator /& electric fan, Rp ratusan ribu.
-solusi revisited: servis karbu, Rp puluhan ribu.

  • MESIN PANAS - pas macet
Nah kalo yg ini udah ketemu kira2nya kenapa. Biasanya sarannya jg sama - pake electric fan. Padahal problem sebenarnya adalah; kalo pas macet nggak ada angin dari depan. Efeknya: udara panas dr sekitar mesin bisa ngalir ke depan radiator, lewat sela2 antara radiator & kap mesin. Jadi yg diisep kipas ya udara yg itu2 aja, yg makin lama makin panas krn looping. Solusinya simpel banget: sisi (terutama) atas dan samping radiator harus dikasih sekat ke depan sampe ke bagian belakang grill. Jadi pada saat nggak ada angin, udara yg diisep lewat radiator tetep udara segar dr depan, bukan recycling udara panas dr box mesin. Sekatnya bisa dibikin dari pelat, karpet talang + kawat, seng didobel ato apa lah, terserah yg penting kaku & tahan panas.
-solusi konvensional: electric fan, Rp ratusan ribu.
-solusi revisited: pasang sekat, Rp belasan ~ puluhan ribu.
.
  • SETIR GETAR - di kecepatan tertentu
Ini kasus yg paling bikin gw bokek. Bolak-balik spooring lah, balancing lah (termasuk as kopel), ganti tie-rod lah, ganti ban lah... ga sembuh2 . Ternyata ini hubungannya sama teori fisika: natural freqency spring-mass-damper. Setiap (struktur) benda punya 'nada dasar'. Kalo ada getaran yg pas dgn nada dasar itu, terjadi resonansi yg menyebabkan oscilasi. Bahasa 'manusia'-nya adalah: Mobil yg udah tua sasisnya udah nggak sekenyal yg muda . Damper setir (yg bentuknya kayak shock nempel di engkol tie-rod & sasis) juga udah tambah licin (part ini biasanya paling dicuekin mekanik). King pin dan/atau laher jarumnya udah longgar. Akibatnya, 'nada dasar' mobil yg rancangannya tinggi, turun ke frekuensi (=putaran roda =speed) yg lebih rendah dalam range kecepatan operasional mobil. Solusinya ya menaikkan lagi nadanya dan nambah damping-nya. Caranya: Ganti damper yg lebih seret (punya mobil yg bodinya lebih berat). Kencengin king pin: ganti laher, kasih ganjel ring plat tipis (kaleng) lahernya kalo perlu, atau plat packingnya (seal) dilepas / ganti yg tipisan. Klo gw pake damper dobel, 1 standard di posisi standard, 1 lagi agak panjangan dr long tierod lgs ke as roda.
-solusi konvensional: ganti & setel macem2, Rp jutaan.
-solusi revisited: urus kingpin & damper, Rp puluhan ~ ratusan ribu.

  • SHOCK (terasa) KERAS


 
Yang namanya jip emang ga usah dibandingin sama sedan, udah beda alam. Tapi apa shock jimny/katana lebih keras dr jip sekelas? Taft kebo misalnya? Kok banyak yg komplin pernya keras?? Ini yg kadang nggak diperhatiin: bilang berapa psi tekanan kalo mompa ban jimny/katana ke tukang pompa? Udah sesuai nggak sama yg tertulis di manual / stiker di kanan dashboard?
Rata2 mobil tekanannya 30~35 psi. Tukang pompa kalo nggak dibilangin jg mompanya segitu. Dibilangin yg bener aja kadang ngeyel. Tekanan ban jimny/katana yg bener cuma 20psi! Belakang 25 kalo bawa penumpang full, klo kosong jg cuma 20. Jadi ketahuan kan, sumber 'rumor' per katana keras... karena pada gak baca manual (nggak mau tahu). Kalo standarnya 20 dipompa 30 aja, berarti 1 1/2nya dr standar. Brarti rasanya bakalan kayak mobil2 lain yg dipompa 45psi! Jadi... per suzy emang keras ato cuman TERASA keras??
-solusi konvensional: ganti shock, per, dll, Rp jutaan.
-solusi revisited: pompa yg bener, Rp 5 ribu perak!!!


Related Article:

4 komentar:

Unknown mengatakan...

hatur nuhun kang......
pasti bermanfa'at Aamiin

Unknown mengatakan...

Terima kasih mas sudah berbagi

. Ilmunya sangat bermanfaat

Deddi arto mengatakan...

Utk setir getar, damper yg panjangan itu mksdnya yg gmn om? Bisa kasi penampakan om (potonya)? Saya jg setirnya getar parah klo lebih 60 km/h.. makasih sebelumnya om.

Deddi arto mengatakan...

Sama damper yg pendeknya ya om..

Posting Komentar


 

Gunadarma BAAK News

Gunadarma BAAK News

Gunadarma BAAK News

Total Tayangan Halaman

Pengikut

Powered By Blogger
Copyright 2010 Anggun Blogg's. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Home Recording l Distorsi Blog