Mengenal
Flash
Flash merupakan suatu program grafis multimedia
dan animasi yang dibuat oleh perusahan Macromedia untuk keperluan pembuatan
aplikasi web interaktif mau pun animasi yang berkembang pada saat ini. Program
ini banyak digunakan untuk membuat game, kartun, presentasi dan model
pembelajaran interaktif. Terdapat beberapa versi dari macromedia flash yang
berkembang saat ini meskipun saat ini tidak lagi milik macromedia melainkan Adobe Flash. Namun pada
diktat ini akan dipelajari mengenai animasi yang dibuat oleh Macromedia Flash
8.
Berikut adalah sejarah perkembangan
Flash:
·
Jonathan Gay, Charlie Jackson, dan Michelle Welsh mengembangkan SmartSketch
pada tahun 1993. Aplikasi tersebut dibangun untuk menggambar dengan mode
vektor.
·
FutureSplash Animator sebagai versi awal Flash diperkenalkan pada bulan
April tahun 1996 dengan kemampuan menggambar ditambah dengan timeline, sehingga
dapat menghasilkan animasi.
·
Macromedia Flash 1 diperkenalkan pada bulan November 1996. Macromedia
adalah re-branded dari FutureSplash Animator.
·
Macromedia Flash 2 diperkenalkan pada bulan Juni 1997, dirilis dengan Flash
Player 2, sudah terdapat object library.
·
Macromedia Flash 3 diperkenalkan pada bulan Mei 1998. Dirilis dengan Flash
Player 3, fitur baru meliputi Movie Clip, integrasi dengan plug-in JavaScript,
dapat mengandung objek transparan dan Flash player yang berdiri sendiri.
·
Macromedia Flash 4 diperkenalkan pada bulan Juni 1999, dirilis dengan Flash
Player 4, fitur baru meliputi variabel internal, kotak untuk input tulisan,
pengembangan Action Script, dan streaming MP3.
·
Macromedia Flash 5 diperkenalkan pada bulan Agustus 2000, dirilis dengan
Flash Player 5, dan telah memiliki Action Script 1.0.
·
Macromedia Flash MX diperkenalkan pada bulan Maret 2002, dirilis dengan
Flash Player 6.
·
Macromedia Flash MX 2004 diperkenalkan pada bulan September 2003, dirilis
dengan Flash Player 7, dan telah mendukung Action Script 2.0.
·
Macromedia Flash 8 diperkenalkan pada bulan September 2005. Terdiri dari :
- Macromedia
Flash Basic 8, yang memiliki fitur yang terbatas untuk menggambar, animasi, dan
interaktivitas.
- Macromedia
Flash 8 Professional dengan tambahan fitur yang difokuskan untuk tampilan yang
lebih ekspresif, kualitas, video, dan multimedia untuk ponsel.
·
Adobe Flash CS3 diperkenalkan pada bulan April 2007. Merupakan versi
pertama Flash dibawah nama Adobe, Flash CS3 telah mendukung Action Script 3.0.
·
Adobe Flash CS4 diperkenalkan pada bulan Oktober 2008. Memiliki fitur baru
Inverse Kinematik (bones), manipulasi objek 3D, animasi berbasis objek, engine
teks yang lebih maju, dan pengembangan lebih jauh pada ActionScript 3.0.
A. Area Kerja Flash 8
Area kerja flash terdiri atas lima komponen, yaitu Menu, Toolbox,
Timeline, Stagedan Panel.
Menu berisi
control untuk berbagai fungsi seperti membuat, membuka, dan menyimpan file,
copy, paste, dan lain-lain.
Stage adalah
area persegi empat yang merupakan tempat dimana kita membuat objek atau animasi
yang akan dimainkan.
Toolbox berisi
koleksi untuk membuat atau menggambar, memilih dan memanipulasi isi stage dan
timeline. Toolbox dibagi menjadi empat, yaitu Tools, View, Colors dan
Options. Beberapa tool mempunyai bagian option. Contohnya, ketika
Selection tool dipilih, Option snap, smouth, straigten, rotate dan scale akan
muncul di bagian options.
Timeline adalah
tempat kita dapat membuat dan mengontrol objek dan animasi.
Panels berisi
control fungsi yang dipakai dalam flash, yaitu untuk mengganti dan memodifikasi
berbagai property objek atau animasi secara cepat dan mudah.
Properties merupakan
window yang digunakan untuk mengatur property dari objek yang kita buat.
Components digunakan
untuk menambahkan objek untuk web application yang nantinya di publish ke internet.
B. Mengenal Toolbox
Toolbox merupakan bagian
dari Flash yang memiliki peranan yang sangat penting. Di dalamnya terdapat
berbagai tool yang dapat kita gunakan untuk menggambar suatu objek atau
memodifikasi objek tersebut. Nama beserta fungsinya akan dijelaskan sebagai
berikut :
Selection
tool untuk memilih dan memindahkan objek.
Subselect
tool untuk memilih titik-titik pada suatu garis dalam objek.
Free
Transform tool digunakan untuk memperbesar, memperkecil atau memutar
(rotate) objek yang kita buat serta dapat mengubah bentuk objek menjadi bentuk
lain.
Gradient
Transfrom tool untuk mengatur posisi gradient pada objek.
Line tool untuk
membuat garis.
Lasso
tool untuk memilih sebagian dari objek atau objek yang tidak teratur.
Jika Selection tool hanya bisa memilih keseluruhan dari objek, sedangkan Lasso
tool bisa memilih apa pun yang terdapat dari objek.
Pen
tool untuk menggambar kurva dan garis yang dapat dimanipulasi dengan
Subselect tool.
Text
tool digunakan untuk menuliskan kalimat atau kata-kata.
Oval
tool untuk membuat lingkaran atau oval.
10. Rectangle tool untuk
menggambar persegi atau kotak
11. Pensil tool untuk
menggambar suatu bentuk teratur.
12. Brush tool seperti
kuas dengan warna tertentu dapat membuat bentuk yang bebas.
13. Ink
Bottle tool untuk menambah atau megubah warna garis di pinggir
suatu objek.
14. Paint
Bucket tool untuk memberi atau mengubah warna pada suatu bidang
(fill).
15. EyeDropper tool untuk
mengidentifikasi warna atau garis dalam sebuah objek.
16. Eraser tool untuk
menghapus area yang tidak diinginkan dari objek.
17. Hand
Tool untuk menggeser layer atau tampilan pada stage.
18. Zoom
tool untuk memperbesar atau memperkecil tampilan pada stage.
19. Stroke
Color untuk mewarnai bingkai yang berada di pinggir objek.
20. Fill
Color untuk mewarnai bidang objek.
21. Swap
Colors untuk memilih stroke color atau fill color secara bergantian.
22. No
Color untuk mengosongkan warna.
23. Default
Colors untuk menentukan warna stkitar baik untuk stroke atau
fill.
24. Black
& White, digunakan untuk memberi warna objek dan warna border /
garis dengan warna hitam putih.
C. Mengenal Timeline dan
Frame
Timeline terdiri atas Layer, Frame dan Playhead.
Fungsinya adalah sebagai tempat pengaturan timing atau waktu animasi dan
penggabungan objek-objek dari masing-masing layer .
1. Frame adalah
kotak-kotak berurutan dalam timeline, di frame inilah nantinya akan menentukan
animasi apa yang akan dibuat atau dari frame awal sampai ke frame yang
diinginkan untuk membentuk suatu pergerakan animasi.
2. Keyframe ditkitai
dengan titik hitam pada frame, ini berarti bahwa ada objek pada frame tersebut.
3. Blank
Keyframe ditkitai dengan frame yang putih atau kosong. Ini berarti
bahwa tidak ada objek.
4. Action
Frame ditkitai dengan huruf ‘a’ di atas titik hitam, ini berarti
bahwa ada action script padxa frame tersebut.
5. Sound
Frame ditkitai dengan gelombang suara pada frame, ini berarti bahwa
ada suara yang dimasukan pada frame
tersebut.
6. Motion
tween frame ditkitai dengan warna unggu dengan panah diantara dua
frame.
7. Shape
tween frame ditkitai dengan warna hijau dengan panah diantara dua
frame.
8. Playhead ditkitai
dengan warna merah yang terletak di atas frame, ini berfungsi untuk menjalankan
animasi yang bisa langsung dilihat pada stage.
D. Mengenal Layer
Layer (lapisan)
merupakan hal yang sangat penting di flash. Layer digambarkan seperti tumpukan
lembaran yang transparan. Layer yang paling atas akan menutupi objek layer yang
dibawahnya. Kegunaannya antara lain:
· Untuk
pengaturan kerja, animasi dan elemen lainnya. Jadi, kita bisa memakai layer
yang berbeda antara file suara, objek, action, label frame dan komentar frame.
· Untuk
memudahkan dalam menggambar atau mengedit suatu oobjek tanpa mempengaruhi objek
yang berada di layer lain.
· Agar
bisa menemukan objek dengan cepat dan mudah ketika akan mengedit objek
tersebut.
· Dapat
membuat banyak objek dengan animasi yang berbeda antara yang satu dengan
lainnya.
Beberapa macam mode layer.
1. Mode
Aktif ditandai dengan gambar pensil, mode ini menunjukkan bahwa
layer sedang aktif dan siap untuk mengerjakan suatu objek pada layer tersebut.
2. Mode
Normal adalah mode yang bisa dilihat dan diedit ketika mode ini
menjadi mode aktif.
3. Mode
Terkunci ditkitai dengan gambar gembok kecil yang terkunci. Pada mode
ini kita hanya bisa melihat objek pada layer tanpa bisa mengeditnya.
4. Mode
tersembunyi ditkitai dengan tkita X, pada mode ini kita tidak dapat
melihat objek pada layer. Mode ini diperlukan untuk lebih leluasa mengedit
objek pada layer lain.
5. Mode
Outline ditkitai dengan kotak tanpa warna, yang berarti tidak
menampilkan objek secara keseluruhan, hanya garis luarnya saja yang terlihat.
Related Article:
0 komentar:
Posting Komentar