Laman

Minggu, 24 Mei 2015

Contoh penulisan ilmiah

Proposal Penulisan Ilmiah
Aplikasi Informasi Tanaman untuk pengobatan tradisional Android Versi 2.3
Jaenal (13110696)



  1. Latar Belakang
Sistem Operasi Android yang sedang marak diminati oleh masyarakat, termasuk di kalangan para pelajar. salah satu keunggulan dari Sistem Operasi Android dibandingkan dengan sistem operasi lainnya untuk perangkat Mobile adalah berplatform open source, yang berarti siapapun bisa dengan bebas mengembangkan dan membuat aplikasi yang mereka inginkan.
Indonesia adalah negara yang kaya akan tanaman yang bisa dijadikan obat, di indonesia banyak daerah yang terdapat tanaman-tanaman yang bisa dijadikan obat.
Obat tradisional adalah obat yang tidak menimbulkan banyak efek samping, karena kandungan kimianya masih bisa dicerna oleh tubuh untuk dikonsumsi.
Selain sangat bermanfaat obat tradisional lebih mudah terjangkau masyarakat dan ketersediaannya tidak terbatas
Oleh sebab itu tidak ada salahnya kita manfaatkan tanaman-tanaman yang bisa dijadikan obat yang berada disekitar kita. Alangkah baiknya kalau kita menanam tanaman yang bisa dijadikan obat, mungkin itu bisa mempermudah kita ketika kita sakit.

  1. Batasan Masalah
Pada  penulisan ilmiah ini batasan masalah hanya dibatasi pada pemberian informasi tanaman yang akan digunakan untuk obat.

  1. Tujuan Penelitian
Penulisan ini bertujuan untuk mempermudah pemberian informasi pengobatan alamiah sebagai alternatif pengganti pengobatan kimia. 

  1. Landasan Teori
Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile yang berbasis Linux yang dikeluarkan oleh Google Inc pada bulan  November 2007, bersifat open source sehingga para pengembang dapat membuat aplikasi sendiri untuk perangkat mobile sesuai dengan kebutuhan.
Java merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang berorientasi objek, yang diciptakan oleh satu tim di Sun Microsystem, perusahan workstation UNIX yang cukup terkenal. Java diciptakan berdasarkan bahasa C++, dengan tujuan “platform independent” dengan slogan “Write Once Run Anywhere” (WORA). Dibandingkan dengan bahasa C++ maka Java pada hakekatnya lebih sederhana, dan memakai objek secara murni.
Pada perkembangan selanjutnya, Sun Microsystem memperkenalkan Java versi 1.2 atau lebih dikenal dengan Java 2 Compliant. Pada Java 2 ini, java dibagi menjadi tiga kategori, yaitu :

Java 2 Standart Edition (J2SE)
Kategori ini digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi Java pada level PC.

Java 2 Enterprise Edition (J2EE)
Digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi Java pada lingkungan enterprise, dengan menambah fungsionalitas-fungsionalitas Java semacam EJB (Enterprise Java Bean), Java COBRA, Servlet dan JSP, serta Java XML (Extensible MarkupLanguage).

Java 2 Micro Edition (J2ME)
Kategori ini merupakan lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakkan perangkat lunak Java pada barang elektonik beserta perangkat pendukungnya. J2ME membawa Java kedunia informasi, komunikasi, dan perangkat komputasi selain perangkat komputer desktop yang biasanya lebih kecil dibandingkan perangkat komputer desktop. J2ME biasa digunakan pada ponsel, peger, PDA dan sejenisnya.

4.1       Java Platform Android
            Aplikasi yang dibuat dan dikembangkan dalam penulisan ini menggunakan bahasa pemrograman berbasis java untuk platform android. Platform java ini mirip dengan Java 2 Standard Edition (J2SE) dikarenakan struktur perintah untuk kondisi dan perulangan, tipe variabel yang dapat digunakan, dan operator yang digunakan.

4.3       XML
XML terletak pada inti web service, yang digunakan untuk mendeskripsikan data. Fungsi utama dari XML adalah komunikasi antar aplikasi, integrasi data, dan komunikasi aplikasi eksternal dengan partner luaran.

4.4   Eclipse 3.5 (Galileo)
Eclipse adalah IDE (Integrated Development Environment) yang ditulis sepenuhnya menggunakan Java dan berbasiskan produk IBM yang bernama VisualAge. Code basenya kemudian diadopsi ke versi open source dan akhirnya berubah namanya menjadi Eclipse di bawah naungan yayasan Eclipse (Eclipse foundation). Versi Eclipse yang digunakan pada aplikasi ini adalah Eclipse “Galileo” yang dirilis pada tanggal 24 Juni 2009.

5.      Metode Penelitian
Metode yang digunakan oleh penulis adalah metode studi pustaka. Dimulai dari pengumpulan data-data tentang Android, serta materi-materi yang berkaitan dengan penulisan ilmiah ini melalu media internet

            Selain itu penulis juga melakukan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Perencanaan
Tahap awal yang dilakukan oleh penulis adalah merencanakan konsep dasar dari aplikasi

  • Perancangan
Dalam tahap ini, penulis akan melakukan perancangan tampilan dari aplikasi yang akan di buat.

  • Implementasi
Tahap implementasi ini adalah tahap dimana penulis membuat aplikasi yang telah direncanakan

  • Uji Coba
Tahap terakhir adalah tahap uji coba.


6.      Rencana Kerja Penulisan Ilmiah

1.      Pemilihan judul di bulan pertama minggu pertama sampai minggu ke 2
2.      Pengumpulan data minggu ke dua samapai minggu ke empat
3.      Analisis data bulan ke 2 minggu pertama sampai minggu ke 2
4.      Pembuatan aplikasi minggu ke 3 sampai bulan ke 3 minggu ke 2
5.      Memasukan data bulan ke 3 minggu ke empat
6.      Uji coba bulan keempat minggu pertama
7.      Implementasi bulan ke empat minggu pertama







Related Article:

0 komentar:

Posting Komentar


 

Gunadarma BAAK News

Gunadarma BAAK News

Gunadarma BAAK News

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Total Tayangan Laman

Pengikut

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Copyright 2010 Anggun Blogg's. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Home Recording l Distorsi Blog